rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Wednesday, January 21, 2015

Kesiapan Indonesia Menjelang AEC 2015

Indonesia adalah salah satu negara terbesar populasinya yang ada di kawasan ASEAN. Masyarakat Indonesia adalah bangsa yang heterogen dengan berbagai jenis suku, bahasa dan adat istiadat yang terhampar dari Sabang sampai Merauke. Indonesia mempunyai kekuatan ekonomi yang cukup bagus. ini menjadi modal yang penting untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia menuju ASEAN Economic Community (AEC ) tahun 2015.

Regionalisme kawasan merupakan sebuah trend internasional yang berkembang pasca perang dunia II dimana negara-negara dunia mencoba membangun stabilitas kawasan berdasarkan kerjasama keamanan, ekonomi, persamaan sejarah dan kemiripan budaya dalam upaya menghindari terjadinya perang didalam kawasan geopolitik wilayah tersebut. European Union (EU) dan Associations of Southeast Asia Nations (ASEAN) merupakan beberapa badan regional yang terbentuk berasarkan latar belakang dan tujuan tersebut.

ASEAN sendiri terbentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 dengan deklarasi Bangkok sebagai pilar utamanya. Selama ini kerjasama antar-negara di ASEAN terjalin dalam beberapa bidang utama yakni dalam bidang ekonomi, keamanan dan sosial-budaya yang terus meningkat dan terintegrasi setiap tahunnya. Saat ini ASEAN telah memiliki beberapa badan penting yang bekerja dalam sektor-sektor tersebut, beberapa diantaranya ialah AFTA (ASEAN Free Trade Area) dalam hal ekonomi, (ARF Asean Regional Forum) dalam hal keamanan kawasan, serta hubungan dengan asing seperti ASEAN+3 dan ASEAN+6.

ASEAN menjalankan regionalismenya berdarkan norma dasar ASEAN Way yang menjadi dasar pemikiran dalam kebijakan yang diambil oleh ASEAN dalam berbagai hal. Berdasarkan prinsip dan norma inilah ASEAN kemudian mencanangkan sebuah integrasi kawasan yang lebih mendalam seperti yang telah dilakukan EU dengan me-wacanakan pembentukan ASEAN Community pada tahun 2015. ASEAN Community 2015 merupakan salah satu agenda terpenting dalam sejarah pembentukan badan regional ASEAN. Dalam Roadmap ASEAN Community dalam situs resmi ASEAN, terdapat 3 blueprint dasar ASEAN dalam ASEAN Community 2015. Ketiganya adalah ASEAN Political-Security Community Blueprint, ASEAN Economic Community Blueprint, dan ASEAN Socio-Cultural Community Blueprint (www.aseansec.org/, 2012).

ASEAN Community 2015 sendiri mendapatkan banyak kritisi dari pengamat politik internasional, dimana berbagai perbedaan dan kasus domestik regional yang terjadi di antara negara-negara ASEAN sendiri belum usai. Bahwa community dan integrasi yang ingin dicapai ASEAN di tahun 2015 sebenarnya merupakan sebuah hal yang dipaksakan mengingat saat ini dengan berbagai kasus yang belum diselesaikan dan kooperasi yang belum cukup solid dikarenakan perang yang terjadi antar negara, tahun 2015 dirasa cukup singkat bahkan terlalu cepat untuk sebuah integrasi total kawasan Asia Tenggara.

Sependapat dengan pemikiran para kritisi, penulis merasa bahwa integrasi ASEAN yang pada awalnya dicanangkan pada tahun 2020 dipercepat pada tahun 2015 merupakan sebuah kalkulasi yang besar mengingat adanya masalah-masalah domestik yang seharusnya diselesaikan terlebih dahulu. Seperti permasalahan Indonesa-Malaysia, Laut Cina Selatan, konflik perbatasan Thailand-Kamboja hingga kasus pelanggaran kemanusiaan dalam negeri Myanmar sangatlah complicated dan membutuhkan waktu penyelesaian, akan tetapi dilihat dari sisi demografi sumber daya manusia, Indonesia dalam menghadapi ASEAN Economic Community ini sebenarnya merupakan salah satu negara yang produktif.
        Selengkapnya download di sini

| Free Bussines? |

No comments:

Post a Comment