rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Thursday, December 15, 2011

Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMAN MAJU MUNDUR
Mata Pelajaran                       : Fisika
Kelas/ Program                      : XII/IPA
Semester                                : Ganjil

Standar Kompetensi :  
1.      Menerapkan konsep kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi.

Kompetensi dasar      :
1.1. Memformulasikan gaya listrik,kuat medan listrik, fluks,  potensial listrik, serta penerapannya pada keeping sejajar
Indikator        :
-      Mendeskripsikan gaya elektrostatik (hukum Coulomb) pada muatan titik.
-      Mengaplikasikan hukum Coulomb dan Gauss untuk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinu.
-      Memformulasikan energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya/ medan listrik dan potensial listrik
-      Memformulasikan prinsip kerja kapasitor keeping sejajar

Alokasi Waktu : 16 Jam pelajaran

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1.      Memformulasikan, mendefenisikan bunyi hukum Coulomb serta menyelidiki hubungan antara gaya,besar, dan jarak kedua muatan dan tanya jawab.
2.      Memformulasikan medan listrik oleh distribusi muatan listrik
3.      Mendefenisikan Hukum Gauss
4.      Menghitung gaya Coulomb antara dua muatan titik
5.      Menjelaskan usaha untuk memindahkan muatan listrik
6.      Memformulasikan energi potensial listrik
7.      Menghitung besarnya potensial listrik oleh distribusi muatan titik dan kontinu
8.      Menentukan hubungan antara potensial listrik dengan kuat medan listrik pada plat sejajar
9.      Memformulasikan cara kerja kapasitor keeping sejajar
10.  Menganalisis rangkaian kapasitor
11.  Menghitung besarnya kapasitansi berbagai jenis kapasitor
12.  Menjelaskan pengaruh dielektrikum terhadap kapasitansi kapasitor keeping sejajar
13.  Menentukan energi yang tersimpan dalam kapasitor bermuatan.

selengkapnya klik disini...  

| Free Bussines? |

No comments:

Post a Comment